Teori Organisasi Umum 2 (Pribadi)



MAKALAH
( Teori Organisasi Umum 1 )

Dosen : Sri Nawangsari


Disusun oleh :
Nama      :       Delis Anggraeni Permana
NPM        :       12114658
Kelas       :       2KA21




ILMU KOMPUTER & TEKNOLOGI INFORMASI
SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2014





KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT  yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada saya sehingga saya berhasil menyelesaikan makalah ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya yang berjudul “ Teori Organisasi Umum”.

Makalah ini berisikan tentang pentingnya teori organsisasi umum di dalam kehidupan berorganisasi. Saya menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu saya harapkan demi kesempurnaan makalah ini.

Akhir kata, Saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.







Cibinong, 8 Oktober 2015
  



  Penulis





DAFTAR ISI


HALAMAN JUDUL…………………………………………………………………………………  i
KATAPENGANTAR………………………………………………………………………………… ii
DAFTARISI…………………………………………………………………………………………   iii
BAB I      PENDAHULUAN…………………………………………………………………………  1
  1. Latar Belakang………………………………………………………………………………  1
  2. Rumusan Masalah……………………………………………………………………………  1
  3. Tujuan Penulisan……………………………………………………………………………   1
BAB II     PEMBAHASAN………………………………………………………………………….   2
  1. Pengertian Organisasi………………………………………………….…………………….  2
  2. Managemen dan Organisasi………………………………………………………………….  2
  3. Managemen dan Tata Kerja………………………………………………………………….  3
  4. Managemen, Organisasi dan Tata Kerja…………………………………………………….   3
  5. Ciri-ciri Organisasi……………..……………………………………………………………  3
  6. Unsur-unsur Organisasi……………………………………………………………………… 3
  7. Teori Organisasi……………………………………………………………………………… 4
BAB III     KESIMPULAN DAN SARAN………………………………………………………..…  5
  1. Kesimpulan………………………………………………….……………………………….  5
  2. Saran…………………………………………………………………………………………. 5
DAFTAR PUSTAKA………………………………………………………………………………….iv





BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang
Manusia adalah mahluk social yang cenderung untuk hidup bermasyarakat serta mengatur dan mengorganisasi kegiatannya dalam mencapai suatu tujuan tetapi karena keterbatasan kemampuan menyebabkan mereka tidak mampu mewujudkan tujuan tanpa adanya kerjasama. Hal tersebut yang mendasari manusia untuk hidup dalam berorganisasi.
Ada beberapa para ahli yang mendifinisikan tentang organisasi tetapi secara umum organisasi itu sendiri merupakan kelompok orang yang secara bersama-sama ingin mencapai tujuan.


B. Rumusan Masalah
1. Apa yang dimaksud dengan organisasi ?
2. Apa hubungan antara managemen dengan organisasi ?
3. Apa hubungan antara managemen dengan tata kerja ?
4. Apa hubungan antara managemen, organisasi dan tata kerja ?
5. Apa saja ciri-ciri organisasi ?
6. Apa saja unsur-unsur organisasi ?
7. Apa yang dimaksud teori organisasi ?


C. Tujuan Penulisan
1. Mengetahui pengertian dari organisasi.
2. Mengetahui hubungan antara managemen dengan organisasi.
3. Mengetahui hubungan antara managemen dengan tata kerja.
4. Mengetahui hubungan antara managemen, organisasi dan tata kerja.
5. Mengetahui ciri-ciri organisasi.
6. Mengetahui unsur-unsur organisasi.
7. Mengetahui teoriorganisasi.



BAB II
PEMBAHASAN

A. Pengertian Organisasi
Menurut para ahli terdapat beberapa pengertian organisasi sebagai berikut:
1.      Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
2.      James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
3.      Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
Dari sekian banyak definisi “organisasi”, Organisasi juga bisa dikatakan sekumpulan individu, kelompok yang mempunyai tujuan, visi dan misi tertentu untuk menampung/ menyalurkan pikiran atau pendapat yang tidak sama (dengan kata lain berbeda).
Selayaknya sebuah organisasi seharusnya menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi anggota organisasi maupun masyarakat sehingga organisasi mampu mempertahankan kelangsungan hidup mereka. Secara umum organisasi dibedakan atas dua bentuk, pertama organisasi dengan orientasi laba seperti perusahaan yang menyediakan produk barang atau jasa (baik perusahaan besar maupun kecil) kemudian organisasi nirlaba atau yang tidak berorientasi laba seperti yayasan, musium, rumah sakit milik pemerintah, sekolah, perkumpulan sosial dan lain-lain. Apapun bentuk organisasi itu diperlukan usaha-usaha untuk mengelola kegiatan dan orang-orang maupun unsur lainnya yang ada didalam organisasi agar tercapai tujuan dengan lebih baik.

B. Managemen dan Organisasi
Pengertian Manajemen menurut beberapa ahli:
1.      James AF Stoner, manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan   pengawasan usaha-usaha anggota organisasi dan penggunaan sumber daya-sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
2.      James H. Donnelly Jr.; James L. Gibson; dan Jhon M. Ivancevich, manajemen adalah proses dari seseorang atau beberapa individu untuk mengkoordinasi kegiatan-kegiatan dari orang lain untuk memperoleh hasil yang tidak dapat dilakukan seorang individu saja.
Secara spesifik ada tiga alasan utama dibutuhkannya manajemen dalam organisasi, yaitu:
Ø  Mencapai tujuan, manajemen mempermudah pencapaian tujuan organisasi dan pribadi.
Ø  Menjaga keseimbangan diantara tujuan-tujuan yang saling bertentangan, manajemen menyeimbangkan tujuan-tujuan dan kegiatan-kegiatan yang saling bertentangan diantara pihak-pihak yang berkepentingan dalam organisasi (stakeholders) seperti pemilik, karyawan, pemasok dan lain-lain.
Ø  Mencapai efisiensi dan efektifitas, efisiensi dan efektifitas merupakan ukuran prestasi organisasi.
Fungsi managemen :
a.      Perencanaan (planning)
b.      Pengorganisasian (organizing)
c.      Memimpin (leading)
d.      Pengendalian (controlling)

C. Managemen dan Tata Kerja
Tata kerja atau metode adalah suatu cara bagaimana agar sumber-sumber dan waktu yang tersedia dan amat diperlukan dapat dimanfaatkan dengan tepat sehingga proses kegiatan menajemen dapat dilaksanakan dengan tepat pula.
Hubungan antara manajemen dan tata kerja dapat dilukiskan seperti di bawah ini:
Manajemen: Menjelaskan perlunya ada proses kehiatan dan pendayahgunaan sumber-sumber serta waktu sebagi factor-faktor yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan demi tercapainy tujuan.
Tata Kerja: Menjelaskan bagaimana proses kegiatan itu harus dilaksanakan sesuai dengan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.

D. Managemen, Organisasi dan Tata Kerja
Apabila organisasi, manajemen dan tata kerjanya dilakukan dengan kerjasama yang baik, pemanfaatan sumber-sumber dan waktu yang ada dapat dilakukan secara tepat dan lebih terkoordinir sesuai dengan proses kegiatan yang ditetapkan maka untuk mencapai tujuan akan dapat hasil yang lebih efisien dan efektif serta lebih maksimal. Karena ketiganya jika dilakukan sesuai dengan tugasnya maka hubungan timbal balik itu akan saling menguntungkan untuk ketiganya.

E. Ciri-ciri Organisaasi
1.     Lembaga sosial yang terdiri atas kumpulan orang dengan berbagai pola interaksi yang diterapkan
2.    Dikembangkan untuk mencapai tujuan
3.    Secara sadar dikoordinasi dan dengan sengaja disusun
4.    Instrumen sosial yang mempunyai batasan yang secara relative dapat diidentifikasi

F. Unsur-unsur Organisasi
Ø  Manusia (Man)
Ø  Kerjasama
Ø  Tujuan Bersama
Ø  Peralatan (Equipment)
Ø  Lingkungan
Ø  Kekayaan alam
Ø  Kerangka/Konstruksi Mental Organisasi
G. Teori Organisasi
a.    Teori Organisasi Klasik (Teori Tradisional)‏
Teori klasik (classical theory) berisi konsep-konsep tentang organisasi mulai tahun 1800 (abad 19). Secara umum digambarkan oelh para teoritisi klasik sebagai sangat desentralisasi dan tugas-tugasnya terspesialisasi, serta memberikan petunjuk mekanistik structural yang kaku tidak mengandung kreativitas.
1) Teori Birokrasi
2) Teori Administrasi
3) Manajemen Ilmiah

b.    Teori Neo Klasik (Teori Hubungan atau Manusiawi)‏
Teori neoklasik secara sederhana sebagai teori/aliran hubungan manusiawi (The human relation movement). Teori neoklasik dikembangkan atas dasar teori klasik. Anggapan teori ini adalah menekankan pentingnya aspek psikologis dan social karyawan sebagai individu maupun sebagai bagian kelompok kerjanya atas dasar anggapan ini maka teori neoklasik mendifinisikan “suatu organisasi” sebagai sekelompok orang dengan tujuan bersama.

c.    Teori Organisasi Modern
Teori modern disebut juga sebagi analisa system pada organisasi merupakan aliran besar ketiga dalam teori organisasi dan manajemen. Teori modern melihat pada semua unsur organisasi sebagai satu kesatuan & saling ketergantungan, yang didalamnya mengemukakan bahwa organisasi bukanlah suatu system tertutup yang berkaitan dengan lingkungan yang stabil, akan tetapi organisasi merupakan system terbuka.




BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN

A. KESIMPULAN
Organisasi merupakan  hal penting dalam kehidupan manusia karena untuk mencapai tujuan tertentu manusia tidak dapat melakukan hal tersebut sendiri dan memerlukan kerjasama dari pihak lain, oleh karena itu organisasi sangat dibutuhkan dan berperan penting.
Ada berbagai macam organisasi yang dapat kita lihat dari berbagai segi, yaitu dari jumlah puncak pimpinan, segi keresmian, segi tujuan, segi luas wilayah, segi sosial dan segi bentuk. Ada hubungan yang erat antara manajemen, organisasi, dan metode(tata cara). Ketiganya diarahkan kepada tujuan secara efisien.

B. SARAN
Dengan makalah ini kami berharap agar pembaca dapat memahami tentang arti pentingnya teori organsisasi umum di dalam kehidupan berorganisasi. Semoga makalah ini dapat berguna bagi pembaca. Kami juga mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar kami dapat lebih baik lagi.






DAFTAR PUSTAKA

s_tiwi.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/file/17350/MINGGU_3.doc
http://raditut.blogspot.co.id/2012/10/teori-organisasi-umum-1.html
http://safrilblog.wordpress.com/2011/02/16/arti-pentingnya-organisasi-dan-metode/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Structure and Written Expression Toefl Tips

Membuat Objek di Autodesk Inventor

Animasi Happycall